Knowledgebase: Nama Domain
Perubahan Isi WHOIS nama domain
Posted by Rudy  Lo, Last modified by Rudy  Lo on 17 March 2016 01:52 PM

Domain Baru, Transfer, Ubah Data Kontak

Sejak awal tahun 2014 Internet Corporation of Assigned Names & Numbers (ICANN) mewajibkan verifikasi alamat kontak untuk setiap nama domain Global TLD.

Apabila mendaftarkan nama domain baru, transfer nama domain, atau melakukan perubahan data WHOIS domain aktif/terdaftar, terutama data berikut:

 - Registrant First Name
 - Registrant Last name
 - Registrant Email Address

Maka pihak registrar nama domain akan mengirimkan email berisi link untuk melakukan verifikasi data kontak baru tersebut.

NB: bila merubah alamat email di WHOIS, email verifikasi akan dikirimkan ke alamat email baru tersebut.

Email permintaan verifikasi yang dikirimkan oleh registrar harus direspon secepatnya. Bila tidak melakukan verifikasi, setelah masa tenggang waktu yang diberikan nama domain tersebut akan dibekukan oleh Registrar. Dalam kondisi dibekukan, situs/email yang menggunakan nama domain tersebut tidak bisa berfungsi.

 

Email Reminder Data WHOIS Tahunan

Setiap tahun pihak registrar juga akan mengirimkan email reminder mengenai keakuratan data WHOIS domain name.

Email tahunan ini tidak perlu direspon, kecuali memang ada keperluan update data WHOIS yang mana bisa dilakukan melalui http://domain.xinergix.com.

Perlu diperhatikan, apabila alamat email registrant yang tercatat di WHOIS tidak bisa dihubungi (email non-exist, non-active, bounced), maka nama domain tersebut mungkin akan dibekukan tergantung keputusan staf registar yang melakukan review. Sangat disarankan untuk selalu menggunakan alamat email aktif untuk keperluan mengelola nama domain.

 


Help Desk Software by Kayako