Knowledgebase: Email
Tentang SPAM - E-mail massal ke non-relasi - Antara Ya dan Tidak
Posted by Rudy  Lo, Last modified by Rudy  Lo on 21 May 2015 08:40 PM

Hal-hal apakah yang termasuk tindakan spamming (mailboxes/newsgroups)?

YA! bila:

  • Mengirimkan email berisi informasi/penawaran/berita/dan-lain-lain ke tujuan non-relasi/non-relevan, yang artinya si penerima (pemilik mailbox) tidak pernah meminta langsung informasi tersebut sebelumnya (atau tidak menduga akan dikirimi email tersebut, dengan informasi yang tidak diperlukan dan tidak diminta).
  • Mendaftarkan diri (atau tidak pernah mendaftarkan diri) ke newsgroups/discussion-group/forum (contoh: yahoogroups), kemudian mengirimkan email yang tidak berisi hal-hal yang berhubungan dengan topik groups/forum tersebut (non-relasi/non-relevan).

    (YahooGroups memiliki peraturan tegas mengenai spamming. Groups yang bersifat OPEN bukan berarti siap menerima kiriman dari siapa dan mana saja, itu juga dianggap SPAM bila off-topic, kecuali memang di-OPEN untuk menerima e-mail apa saja serta dituliskan dengan jelas dalam keterangan group tersebut).

    Lebih jauh, silahkan baca http://docs.yahoo.com/info/guidelines/spam.html
    Dan tipe pelanggaran yang paling sering dilakukan oleh spammer adalah pengiriman secara berulang-ulang email dengan isi yang sama ke tujuan yang sama, seperti kutipan berikut dari ToS Yahoo:
    "Uploading, posting, emailing, or transmitting the same message, URL, or post multiple times."


TIDAK, bila:

  • Mengirimkan email yang menanyakan sesuatu kepada pihak tujuan email, dengan topik yang kita ketahui dapat dijawabnya atau setidaknya dia berada di bidang tertentu sesuai topik pertanyaan. Pengirim juga menyertakan alamat email aktif dengan jelas karena mengharapkan balasan/jawaban.
  • Mengirimkan email balasan atas permintaan informasi/jawaban. Juga menyertakan alamat email aktif untuk keperluan komunikasi selanjutnya.


Kegiatan yang berhubungan dengan SPAMMING, antara lain:

  • Mengirimkan email dengan alamat asal (From:) berupa alamat autoresponder. Biasanya ini dilakukan untuk sekedar mencatat alamat pengirim email (bila dia membalas email pertama) dan dimasukkan ke database untuk tujuan spam kelak, atau bahkan autoresponder tersebut langsung melakukan spamming dengan mengirimkan informasi yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Memasang program pengirim email massal, dan dijalankan secara otomatis dengan cronjob. Ini biasanya akan mengirimkan informasi yang sama (dalam database), ke alamat-alamat email yang sama (dalam database), setiap program dijalankan oleh server (cronjob), berulang-ulang, setiap hari, dan bahkan tiap-tiap jam.
  • Tanpa pernah mengunjung dan membaca/menghiraukan keterangan NewsGroups bersangkutan, apakah dizinkan secara bebas, langsung mengirimkan email berisi informasi/penawaran/dan-lain-lain.
  • Tidak mendaftar di NewsGroups bersangkutan, langsung mengirimkan email berisi informasi/penawaran/dan-lain-lain. Tanpa menghiraukan apakah newsgroups tujuan memiliki peraturan yang hanya mengizinkan pengiriman email oleh anggota terdaftar.

Xinergix Technology tidak mentolerir spamming (email massal ke tujuan NON-RELASI), terutama yang dilakukan dengan program/script yang otomatis mengirimkan email ke Newsgroups dan berbagai alamat email lainnya. Semua pemakai fasilitas web hosting kami DILARANG menjalankan program sejenis melalui cronjob atau dijalankan secara manual melalui web-browser.


Help Desk Software by Kayako