Knowledgebase: Web Hosting
Jenis Web Hosting
Posted by , Last modified by on 16 March 2011 12:22 PM

Ada beberapa jenis layanan hosting berdasarkan skalanya yaitu:

  1. Shared Hosting, dimana satu server hosting digunakan secara bersama sama oleh banyak pengguna.  Dalam satu server tersebut terdapat account untuk masing-masing pengguna yang dibedakan dengan username dan password.

  2. Virtual Private Server (VPS), dimana satu server hosting juga digunakan secara bersama-sama oleh beberapa pengguna, namun setiap pengguna memiliki lingkungan sistem operasi virtual sendiri. Biasanya jumlah pengguna dalam VPS lebih dibatasi, karena alokasi sumber daya Server seperti CPU dan RAM sudah dialokasikan per pengguna.
    Kelebihannya dibanding Shared Hosting adalah di sisi stabilitas, yaitu tertutupnya kemungkinan untuk penggunaan sumber daya berlebih oleh satu pengguna yang dapat mengacaukan pengguna lainnya. 
    Sedangkan kekurangannya adalah di sisi performance, dimana seorang pengguna hanya bisa menggunakan sumber daya server sesuai yang telah dialokasikan, meskipun sumber daya tersebut tidak sedang digunakan oleh pengguna lainnya.

  3. Dedicated Server, dimana satu server hosting hanya digunakan oleh satu pengguna, yang biasanya dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar atau website yang membutuhkan sumber daya yang besar.  Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting.

  4. Colocation Server, dimana server yang digunakan disediakan sendiri oleh pengguna/pelanggan.  Jadi perusahaan hosting hanya memberikan layanan berupa penyewaan koneksi internet dan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting.

Help Desk Software by Kayako